10 Februari 2009

Fatwa Haram Golput 1953

FATWA ALIM ULAMA

TENTANG PEMILIHAN UMUM


Muktamar Alim Ulama dan Muballigh Islam se-Indonesia jang dilangsungkan tanggal 27 Radjab s/d 1 Sja’ban 1372 (11 s/d 15 April 1953) di Medan.

Sesudah memperhatikan Undang-Undang Pemilihan Umum untuk memilih anggota-anggota Konstituante dan Dewan Perwakilan Rakjat Indonesia dan sesudah memahamkan:

a). Surat Sjura ajat 13 jang menjuruh menegakkan agama Islam,

b). Surat An-Nisa’ ajat 144, surat Al-Maidah ajat 51 dan surat Al-Mumtahanah ajat 1, jang maksudnya menentukan batas-batas orang jang boleh diangkat menjadi penguasa.

c). Surat Al-Maidah ajat 44, 45, dan 47 dll., djang isinya menjuruh mendjalankan Undang-Undang jang sesuai dengan hukum-hukum Allah,

d). Surat An-Nisa’ ajat 59, jang menjuruh mentaati Allah, Rasul dan Uli’lamri jang beriman,

e). Surat Al-Hadj ajat 11 dan surat Ali Imran ajat 110, jang maksudnja menjuruh berbuat kebadjikan dan melarang kemungkaran,

f). Surat Al-Maidah ajat 35, jang maksudnja menjuruh mendjari wasilah kepada Allah,

g). Qaidah Usul jang berbunji:

1e. Lil-wasail hukmu’lmaqashid, dan

2e. Kullu ma la jatimmu ‘lwadjib illa bihi fa-hua wadjib.


MEMUTUSKAN


Memfatwakan kepada seluruh umat Islam Indonesia sebagai berikut:

1e. Tiap-tiap warga Negara Indonesia jang beragama Islam, laki-laki dan perempuan, jang mempunjai hak pilih menurut Undang-Undang Pemilihan Umum Indonesia jang telah disahkan:

a. WADJIB mendjalankan hak-pilihnya dengan djalan mendaftarkan diri sebagai pemilih dan memberikan suaranja kelak pada waktu diadakan pemungutan suara.

b. WADJIB memilih hanja tjalon-tjalon jang mempunjai tjita-tjita terlaksananja adjaran dan hukum Islam dalam Negara.

2e. Kaum Muslimin, laki-laki dan perempuan, jang telah mukallaf (akil baligh), wadjib berusaha dan memberikan segala matjam bantuan dan pengorbanan untuk tertjapainya kemenangan Islam dalam pemilihan umum jang akan datang.


Medan, 30 Radjab 1372

(14 April 1953)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  • Disalin dari: Lampiran I buku “Umat Islam Menghadapi Pemilihan Umum” yang ditulis oleh M. Isa Anshary (Jajasan Djaja Bandung, Agustus 1953)
  • Untuk download teks ini silahkan klik di sini


Share/Save/Bookmark

0 Comments: